Cara Memilih Bet (Blade) Pingpong Untuk Pemula

Saat mencari bet atau blade yang akan digunakan bermain pingpong banyak orang yang baru belajar tenis meja ini mengalami kebingungan. Pasalnya saat ini di pasaran tersedia jenis dan merk yang sangat beragam. Jadi wajar saja saat memilihnya dapat membuat pusing kepala. Sebenarnya bagaimana cara memilih bet (blade) pingpong untuk pemula?

Jangan khawatir, bagi Anda yang saat ini sedang kebingungan mencari bet yang sesuai untuk digunakan pemula bermain pingpong, berikut disajikan 3 cara memilih bet (blade) pinggpong untuk pemula, antara lain:

Harga Bet (Blade)

Untuk pemula barangkali tidak mesti langsung membeli bet yang harganya mahal, meskipun yang mahal itu berdasarkan spesifikasi teknis memang akan memiliki kualitas bagus, tetapi dalam taraf belajar untuk menemukan kecocokan dengan gaya bermain pemain itu sendiri sebaiknya untuk memilih bet berharga cukup murah dengan spesifikasi teknis yang cukup bagus.

Spesifikasi Bet

Kunci untuk memilih bet yang sesuai dengan pemain adalah mengetahui karakter atau gaya permainan pemain itu sendiri. Secara garis besarnya gaya permainan tenis meja terdiri dari gaya bertahan (defensif), menyerang (offensif), dan all round.

Dianjurkan untuk memilih bet dengan speed rendah, namun kontrolnya tinggi jika Anda seorang pemain yang mempunyai gaya permainan bertahan. Selanjutnya buat Anda yang mempunyai gaya permainan menyerang dianjurkan memakai bet yang mempunyai kontrol sedang dengan speed tinggi dan ketebalan karet betnya sekitar 1.5 – 1.8 mm. Perhatikan juga pemilihan jenis kayu betnya.

Jika Anda merupakan seorang pemain yang berkarakter all round (paduan gaya bertahan dan menyerang) sebaiknya Anda memilih bet yang mempunyai kombinasi kontrol dan speed yang seimbang, umumnya bet ini berjenis AR. Sedangkan untuk pemilihan karetnya disarankan untuk memakai karet bet dengan speed lebih tinggi pada sisi bagian yang dominan buat menyerang. Sementara itu untuk bagian yang lebih dominan buat bertahan disarankan untuk memakai karet dengan kontrol yang lebih baik.

Kesesuaian Bet Dengan Karet

Banyak orang kebingungan juga saat memilih karet dan kayu yang sesuai dengan gaya permainan yang dimainkannya. Bila kadung memiliki bet berjenis offensif sedangkan gaya permainan Anda sendiri ternyata defensif dapat disiasati dengan memilih karet berkarakter defensife,maupun sebaliknya. Akan tetapi hal ini tentunya tidaklah begitu berarti pada efek yang dihasilkan, tetapi dapat menjadi salah satu pilihan lain bila terlanjur membeli tapi belum mampu untuk menambah betnya lagi

Sedikit informasi yang lumayan penting, bila ingin membeli bet tidak boleh langsung membelinya, sebaiknya cobalah terlebi dulu memakai bet milik teman Anda sampai merasa sesuai dengan gaya permainan diri Anda sendiri. Nah kalau telah merasakan cocok dengan bet seperti itu, silakan untuk membelinya.

Demikian 3 cara memilih bet (blade) pingpong untuk pemula agar Anda tidak salah pilih. Semoga bermanfaat.