Cara Merawat Baterai Perangkat Android Supaya Awet

Salah satu hal yang mesti dilakukan supaya baterai perangkat Android awet dan tahan lama adalah merawat baterai. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa perangkat Android mempunyai kelemahan yang berada pada daya tahan baterainya. Oleh karena itu baterai di perangkat Android butuh memperoleh perawatan istimewa dan tidak asal dalam pemakaiannya. Namun, seperti apa cara merawat baterai perangkat Android supaya awet?

Merawat baterai memang seringkali terlupakan oleh pengguna karena keasyikkan memakainya. Justru dari malasnya merawat baterai ini tak disadari akan muncul masalah yang serius. Misalnya baterai menjadi cepat ngedrop, padahal sedang menerima telepon penting. Nah lho, untuk itu Anda memang harus mengetahui cara merawat baterai perangkat Android supaya awet.

Berikut ada 3 cara merawat baterai perangkat Android supaya awet, mari kita cek satu per satu.

Awasi Lamanya Waktu Pengisian

Hal utama yang dapat Anda lakukan untuk memelihara baterai perangkat Android supaya awet yaitu memperhatikan waktu pengisian baterai (charge/isi ulang baterai). Anda jangan membiarkan ponsel di-cas atau di-charge dalam jangka waktu yang lebih lama atau berlebihan karena tiap-tiap baterai yang ditanamkan dalam ponsel tersebut mempunyai kapasitas daya tampung yang tentunya berbeda-beda pula. Saat ini pada umumnya jenis baterai yang digunakan oleh berbagai perangkat Android menggunakan jenis Lithium-ion. Adapun cara isi ulang setrum baterai yang baik untuk baterai jenis Li-ion adalah saat daya baterai masih menyisakan tenaga kira-kira 50% atau minimal sekitar 20%.

Sesekali untuk baterai dengan jenis Lithium-ion ini perlu dikuras habis dayanya guna keperluan kalibrasi. Anda bisa menguras habis satu bulan sekali dengan cara memakainya sampai isi baterai itu habis benar. Teknik pengecasan yang baik dijalankan dalam kondosi ponsel sedang mati sampai baterai terisi penuh (full 100%).

Jauhkan Perangkat Android dari Tempat yang Panas

Baterai perangkat Android yang kepanasan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan baterai itu gampang sekali menemui kerusakan. Pasalnya baterai berjenis Lithium-ion ini mampu menahan suhu dari -40 hingga 50oC, tetapi lebih baik baterai itu disimpan pada suhu sekitar 15oC saja.

Kurangi Penggunaan Power Bank

Penggunaan power bank secara terus-menerus untuk mengisi daya baterai perangkat Android ternyata tidak baik. Hal itu disebabkan karena akan menjadikan baterai perangkat Android cepat panas. Adapun langkah yang disarankan untuk mengisi daya baterai adalah langsung dari perangkat Android yang telah disambungkan dengan charger ke stop kontak listrik. Cara ini dinilai akan melindungi baterai perangkat Android menjadi jauh lebih awet dan tahan lama.
Demikianlah paparan yang bisa disampaikan kali ini mengenai 3 cara merawat baterai perangkat Android supaya awet.