Hal Yang Harus di Perhatikan Saat Melakukan Modifikasi Motor

Modifikasi motor mio sama dengan modifikasi motor pada umumnya. Yang dibutuhkan untuk menghasilkan modifikasi mio yang keren adalah daya kreativitas dan di dukung dengan budget yang memadai. Tapi dibalik semua itu, ada pengetahuan yang harus anda pahami. Bahwa tidak semua bagian motor boleh anda modifikasi. Pelarangan ini bahkan jelas tertera dalam undang-undang lalu lintas lengkap dengan sanksi hukumnya. Anda bisa dikenai dengan hingga 24 juta rupiah.

Mengingat bahwa modifikasi adalah bagian dari ungkapan kreativitas, maka tidak semuanya dilarang. Selama tidak membahayakan pengguna dan pengguna kendaraan lain pasti diperbolehkan. Apalagi Undang-undang beserta aturan pelaksanaanya juga hanya mengatur secara limitatif mana-mana saja bagian yang tidak diperbolehkan untuk di modifikasi. Masih sangat terbuka untuk ruang kreativitas kamu.

Bagian Modifikasi Motor Mio Yang Dilarang

Nah untuk bagian yang dilarang, sebenarnya hanya ada beberapa kog. Bahkan beberapa penegakanya sangat tergantung dengan pernilaian dan kebijaksanaan pihak kepolisian sebagai eksekutor dilapangan. Apa saja bagian itu?

  • Mengganti atau menghilangkan bagian yang dapat berakibat membawa bahaya atau mengganggu pengendara lain. Beberapa bagian yang masuk dalam kategori semacam ini adalah lampu spion, knalpot, lampu sein dan beberapa bagian lainya. Jadi ketika ada tren menggunakan kaca spion satu, sudah pasti akan ditilang. Atau menggunakan knalpot dengan bunyi melebihi batas, pasti dihentikan polisi.
  • Ganti mesin dengan merek atau tipe yang berbeda. Bukan berarti diperboleh saat anda ingin mendapatkan motor yang lebih kencang anda menggantinya dengan mesin yang lain. anda hanya boleh menggantinya dengan mesin dari merek dan tipe yang sama. Jadi anda bisa pilih yang lebih baru.
  • Mengganti ukuran ban dengan yang lebih kecil. Sempat ada tren bahwa ban yang lebih kecil terlihat sangat menarik. Bodi motor terlihat jadi lebih ramping dan kecil. Padahal ban punya ukuran tersendiri. Anda tidak boleh mengganti ban dengan yang lebih kecil atau dibawah ukuran standar.

Semua ketentuan yang dilarang dalam modifikasi motor mio di atas, bisa ditoleransi bila tujuan modifikasi anda adalah untuk kontes bukan untuk sarana transportasi di jalanan.