Mengenal Sistem Kerja UV Coating

Dalam dunia percetakan, atau bahan baku selalu ada finishing untuk menyelesaikan proses agar menghasilkan suatu hasil dengan baik dan benar. Misalnya saja dalam finishing percetakan ini dikenal beberapa sistem.

Salah satunya adalah sistem UV coating. UV coating ini merupakan sistem yang hanya dapat beraksi dengan sinar ultraviolet, bukan pada sinar tampak. UV coating ini juga biasanya digunakan dalam percetakan itu seperti laminating, baik itu paper, foto, kartu, atau yang lainnya. Selain itu UV coating ini juga tidak akan menghasilkan suatu solvent ke udara karena bereaksi dengan sinar ultraviolet tadi bukan dengan panas, baik itu panas sinar matahari atau pun panas dari api.

Fungsi UV coating

Tidak hanya itu saja, biasanya mesin percetakan ini dapat digunakan untuk melapisi atau melaminating foto dan tidak melengkung. Tidak sepeeri mesin percetakan lain yang menggunakan panas sebagai sumber untuk melakukan proses laminating. UV coating ini bisa berisi larutan yang tidak volatil sehingga tidak menyebabkan toksik ke udara.

Biasanya larutan seperti ini digunakan untuk mesin percetakan untuk paper. Sedangkan untuk bahan gelas dan plastik UV coating yang dilakukan adalah untuk penghalusan dibagian akhir. Begitu juga dengan pelapisan pada gelas dan plastik ini menggunakan UV coating. Pelapisan yang dilakukan oleh UV coating ini juga menghasilkan hasil akhir yang baik.

Selain itu UV coating juga dapat digunakan untuk kayu. Pada pelapisan ini akan menghasilkan hasil yang memuaskan apabila digunakan dengan melalui hambatan sinar ultraviolet. Biasanya UV coating yang digunakan untuk kayu ini akan digunakan oleh industri-industri kayu besar. Baik itu industri yang akan mengirimkan hasilnya ke perusahaan produk seperti mebel atau industri kayu lainnya.

Dengan menggunakan UV coating ini setiap produk yang dihasilkan akan lebih memuaskan dari pelapisan dengan menggunakan mesin biasa. UV coating juga dapat digunakan untuk alumunium. Di mana alumunium tersebut akan dicetak dengan menggunakan tinta, kemudian setelah kering alumunium tersebut dapat dimasaukan kedalam UV coating untuk menjaga kualitas tinta tersebut. Biasanya hal ini digunakan untuk kemasan-kemasan dari bahan alumunium.

Nah, itulah beberapa fungsi dari UV coating baik sebagai mesin percetakan maupun sebagai pembuat bahan baku. Baik itu untuk mempertahankan kualitas, maupun untuk memperbaiki kualitas. Finishing yang dilakukan oleh sistem UV coating ini dapat dikatakan berhasil. Sekarang ini UV coating sudah digunakan dalam beberapa proses produksi barang.

Tidak hanya pada industri besar, namun industri yang terbilang lebih kecil saja sudah ada yang menggunakan. UV coating juga tidak menyebabkan polusi, sehingga sangat banyak yang menggunakannya. Namun tentu saja untuk harganya sendiri tergantung dari spesifikasi yang ada pada UV coating ini.

Sumber: http://jasaflooringlantai.com/