Ini Dia Cara Membuat NPWP Online Yang Harus Kamu Ketahui

cara-membuat-npwp-online

Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang biasa disingkat dengan nama NPWP, merupakan sebuah identitas wajib pajak bagi warga negara dalam melaksanakan segala hal yang berkaitan dengan hak dan kewajibannya. NPWP itu sendiri berupa serangkaian nomor dalam bentuk kartu tanda pengenal, yang hanya bisa kita dapatkan di Direktorat Wajib Pajak. Pada dasarnya, NPWP ini terbagi menjadi 2 bagian yakni NPWP pribadi dan NPWP badan. Kedua NPWP tersebut memiliki perbedaan pada bagian wajib pajaknya. Ya, NPWP pribadi hanya berlaku bagi individu saja, sedangkan NPWP badan berlaku bagi perusahaan-perusahaan atau organisasi yang berpenghasilan. Cara membuat NPWP itu juga bisa dilakukan secara online maupun offline. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang cara membuat NPWP online, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini :

  1. Membuat Akun Dulu Di Ereg Pajak

Silahkan masuk ke laman ereg.pajak.go.id, kemudian isilah kolom-kolom yang tersedia beserta ikuti petunjuk selanjutnya. Coba cek email-mu kemudian lihat tautan aktivasi yang dikirimkan dari laman ini. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti cara daftar secara online. Bagi kamu yang masih berstatus lajang, silahkan pilih status “ Pusat ”, sedangkan bagi yang sudah berkeluarga silahkan pilih opsi “ Cabang “.

  1. Syarat Membuat NPWP

Setelah langkah-langkah diatas tadi sudah selesai, selanjutnya kamu harus mengunggah dokumen persyaratan ke laman ereg.pajak.go.id. Ada beberapa persayratan yang harus kamu penuhi seperti dibawah ini :

– Wajib pajak pribadi yang tidak memiliki pekerjaan bebas atau tidak menjalankan usaha syaratnya antara lain : KTP bagi WNI, Paspor dan KITAS/KITAP bagi WNA.

– Wajib pajak pribadi yang tengah menjalankan usaha, pekerjaan bebas atau seorang pengusaha, syaratnya sama dengan poin yang pertama, dengan tambahan dokumen izin usaha atau SKU yang dikeluarkan dari instansi berwenang atau dari pejabat pemerintah (minimal Kepala Desa atau Lurah).

  1. Pengiriman Berkas Elektronik

Apabila semua formulirnya sudah diisi dan berkasnya di upload, silahkan mengirim permohonan kepada KPP dengan menekan tombol “Token”. Setelah itu akan muncul kode rahasia pada dashboard, dimana kode tersebut akan dikirim ke alamat email yang kamu daftarkan tadi. Klik tombol “Kirim”, masukan kode rahasia, lalu klik tombol “Kirim Permohonan”. Jika permohonan NPWP disetujui, itu tandanya kamu telah berhasil membuat NPWP secara online.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mudah untuk membuat NPWP secara online. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?