Pola Diet Yang Keliru Sebabkan Efek Yoyo, Hindari Dengan Hal Ini

Berat badan sering naik turun saat melakukan diet? Hal ini menjadi tanda bahwa Anda menjalani diet yang keliru. Apabila Anda menjalankan diet sehat dengan benar, maka tidak akan terjadi efek yoyo alias naik turunnya berat badan dengan drastis dalam waktu cepat. Selain bikin frustasi, efek yoyo ini juga berpengaruh terhadap metabolisme tubuh Anda. Lalu bagaimana pola diet sehat yang benar? Yuk, simak informasinya berikut ini:

Hindari melakukan diet ekstrim yang bukan direkomendasikan oleh ahli

Makin banyaknya influencer diet yang bertebaran di media sosial memberikan dua efek berbeda. Pertama, efek positif karena membuat orang lebih termotivasi untuk diet, dan ke dua efek negatif karena diet yang mereka lakukan belum tentu benar. Pernah denganr ada diet yang menganjurkan Anda untuk minum santan atau diet yang mengharuskan Anda makan buah saja selama beberapa hari? Diet-diet ekstrim yang belum terbukti sisi ilmiahnya seperti ini sebaiknya tidak dilakukan karena bisa jadi punya efek buruk pada tubuh Anda.

Ketahui kebutuhan kalori setiap hari

Untuk melakukan diet dengan benar, Anda juga perlu mengatahui kebutuhan kalori setiap harinya. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda bergantung pada berat dan tinggi badan serta aktivita syang dilakukan. Jika sudah mengetahui kebutuhan kalori tiap hari, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengurangi jumlah kalori tersebut melalui konsumsi makanan sehat.

Perbanyak makan di rumah

Kalau Anda ingin menjalani diet sehat, maka sebisa mungkin kurangi kebiasaan makan di luar rumah. Meski yang Anda pesan hanyalah salad, tapi Anda tidak tahu bahan apa saja yang dicampurkan di dalamnya. Bisa jadi dressingnya menggunakan mayones yang tinggi lemak dan kalori atau daging olahan yang kurang sehat seperti sosis. Jika masak sendiri di rumah, maka Anda bisa mengetahui kualitas bahan yang dipakai dan juga menakar jumlahnya sesuai kebutuhan.

Nah, mulai saat ini fokuslah pada tujuan untuk diet sehat yang baik. Jika Anda ingin hidup sehat, secara otomatis pola makan juga akan berubah dan berpengaruh pada berat badan Anda.